life simple

life simple

Selasa, 19 Juli 2011

Cara Sederhana Menikmati Hidup

Hidup ini begitu singkat, bahkan terlalu singkat. Banyak orang malah membiarkan diri mereka larut dalam kesibukan mereka, selalu berlari mengejar impian mereka. Tanpa tersadar berapa lama waktu yang ia lewatkan. Terpikirkah oleh kita sudah seberapa panjang waktu yang telah kita jalani dan tinggal berapa waktu yang tersisa dari kita ini? Cobalah berhenti sejenak, ambil nafas panjang dan nikmatilah hidup anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk lebih menikmati hidup:

1. Tersenyum. Senyum adalah cara termudah untuk menikmati hidup, dengan tersenyum dapat meringankan beban pikiran hidup kita. Tinggalkan sejenak semua masalah, dan cari cara untuk menghibur diri sendiri.

2. Mendengarkan musik. Menurut Aristoteles musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. Saat pikiran mulai jenuh dan tak bersemangat lagi, cobalah untuk mendengarkan musik. Musik rock misalnya, dapat membuat kita lebih bersemangat dan lupa tentang segala masalah. Namun musik jenis ini juga mempunyai sisi negatif. Seperti kecanduan dan membuat adrenalin semakin cepat. Berbeda dengan musik klasik, selain tidak mempunyai efek negatif musik klasik dapat memberikan efek relaksasi dan mampu menenangkan jiwa.

3. Lakukan sesuatu yang menyenangkan namun jarang anda lakukan, terserah apapun itu. Misal pergi ke tempat yang belum anda datangi. Rasakan betapa indahnya dunia yang belum anda nikmati.

4. Kegagalan juga perlu dinikmati. Dalam hal ini bukan berarti kita ingin gagal. Namun daripada menyesali kegagalan lebih baik diterima dengan lapang dada. Gagal bukan berarti tidak mampu. Tapi karena memang belum saatnya kita berhasil. Selalu ada sisi positif dari sesuatu yang negatif. Setidaknya kita dapat memetik pelajaran dari yang kita alami. Suatu keberhasilan akan lebih bermakna tatkala kita pernah mengalami kegagalan sebelumnya.

5. Jangan pernah anda dikuasai oleh suatu masalah, sesulit apapun itu. Katakan dalam hati bahwa semua akan baik-baik saja, katakan kita bisa melaluinya. Meskipun pada kenyataannya tidak membuat masalah menjadi ringan, akan tetapi dengan berpikiran seperti itu kita menjadi lebih berani untuk menghadapi masalah tersebut (terinspirasi dari film "3 IDIOT")

6. Lakukan sesuatu yang ingin anda lakukan. Asalkan itu perbuatan positif. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena kita tidak melakukan apa yang ingin kita lakukan tempo dulu. Tidak perlu memikirkan hasilnya. Memuaskan atau tidak, berhasil atau gagal. Yang terpenting adalah kita sudah mencoba. Akan ada sesuatu yang dikenang atau diingat daripada kita tidak melakukan apapun.

7. Menghibur orang lain. Perjalanan anda bukan hanya tentang anda saja. Ada peran orang lain yang mengisi perjalanan kita. Kurang tepat jika kita menikmati hidup dengan cara mencari kesenangan atau kebahagiaan dan tidak membaginya dengan orang lain. Akan ada nikmat yang berlebih saat kita membantu atau menghibur orang lain meskipun sebenarnya kita sendiri sedang membutuhkan hiburan atau bantuan orang lain.

8. Pelajari agama. Mendalami agama adalah cara yang paling benar dalam menikmati hidup. Dengan agama semua menjadi mudah, dengan belajar agama kita akan melihat hidup dari sisi lain pandangan kita. Jika dalam sehari-hari kita melihat hidup dengan mata dan memikirkannya lewat akal pikiran, maka dengan agama kita dapat merasakan hidup dengan hati. Hidup ini lebih indah dari yang terlihat.

Itulah cara dan pendapat saya tentang bagaimana menikmati hidup. Mungkin ada yang cocok dan ada yang tidak bagi para pembaca. Mohon dimaklumi hal tersebut. Karena itu memang pandangan subyektif dari saya. Saya yakin anda mempunyai cara tersendiri untuk lebih menikmati hidup anda. Namun setidaknya tulisan ini sedikit mampu untuk menginspirasi anda. Intinya adalah jika anda sudah membuat hidup anda lebih ringan dan lebih indah berarti anda sudah menikmati hidup anda.

2 komentar:

  1. bagus sekali pendapatnya..
    saya setuju :)
    selamat menikmati hidup anda ..

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat.
    ijin share gan :)

    BalasHapus